Rabu, 05 Oktober 2011

SISTEM SUSPENSI

Suspensi adalah sebuah komponen/sistem untuk meredam kejutan getaran kendaraan pada jalan yang tidak rata/gelombang

KOMPONEN PADA SUSPENSI   

 Shock absorber

 Knuck arm

 Stabilizer

 upper arm

 Lower arm

 Rangka rigid dan komposit

 Spring daun

Pegas torsi

      System adalah sebuah rangkaian/ kumpulan/langkah-langkah yang saling mendukung untuk menghasilkan unjuk kerja performance

System suspensi adalah sebuah rangkaian suspensi yang berguna untuk meredam getaran ban Akibat jalan yang tidak rata sehingga kendaraan lebih nyaman di kendarai


GETARAN DAN KWALITAS MENGENDARAI

Dalam subjek getaran dan kwalitas mengendarai terdpat istilah :

-SPRUNG WEIGHT : Berat mobil yang di tumpu oleh pegas suspensi


-UNSPRUNG WEIGHT : Berat axle dan bagian-bagian lain yang terletak di antara roda-roda dan pegas


CATATAN : semakin besar sprung weight semakin baik kwalitas mengendarai

Macam-macam getaran saat mengendarai :

- Pithcing mobil : getaran yang mengakibatkan ujung depan dan belakang bergerak  di sekitar titik berat dari kendaraan ( mobil )


- Rolling : gerakan mengayun kesamping


- Bounching : gerakan keatas dan kebawah


SPRING  ( PEGAS )

-PEGAS DAUN ( LEAF SPRING )

Fungsi :

Untuk mnghubungkan frame dan axle dan juga sebagian bantalan penyerap goncangan yang di timbulkan oleh permukaan jalan


Konstanta pegas :

Sifat bahan berubah bentuk apabila mendapat beban dan kembali ke bentuk semula bila beban di lepas, peristiwa tersebut di sebut elastisitas

Besarnya defleksi sebanding dengan gaya yang bekerja perbandingan dengan antara gaya yang bekerja dengan defleksi di sebut “ konstanta pegas “


Coil spring :

Batang baja panjang  yang di gulung di bandingkan dengan leaf spring. Coil spring lebih panjang sehingga mempunyai tahanan yang lebih baik terhadap kejutan tidak terdapat gesekan bila terjadi deflexi, sehingga dapat  memberikan kenyamanan yang lebih baik.

Col spring tidak memiliki sifat menyerap kejutan yang cukup dan tidak dapat terjamin dengan sendirinya

RUMUS

Konstanta pegas

Apabila gaya yang bekerja = w

Besarnya defleki = A

Tinggi bebas = L

Maka konstanta pegas = W/A


Helper spring :
Adalah pegas tambahan yang di pasangkan di atas pegas utama pada truck dan kendaraan angkatin barang

Helper spring bekerja bersama-sama denga pegas utama, apabila kendaraan mendapat beban di atas jumlah spesifikasi

Hollow spring :

Hollow spring adalah potongan karet yang berlubang di tengah dan di baut pada bagian atas axle kontrol arm atau pada bagian frame yang terletak di atas saat lubang tertutup pada udara terperangkap pada lubang tersebut berfungsi sebagai pegas hollow spring umumnya di gunakan berbagai pegas tambahan untuk melindungi frame dari benturan pegas


Air suspension :

Bellow yan berisi udara di pasangkan pada di tempat di mana biasanya di tempatkan pegas daun atau pegas ulir.untuk menjamin berat kendaraan aksi penyerapan di hasilkan oleh elastisitas udara kompresi di dalam bellow dan ruang udara tambahan. Kekerasan pegas dapat berubah-ubah sesuai dengan beban


JENIS-JENIS SUSPENSI

1.     SUSPENSI MODEL RIGID DENGAN PEGAS DAUN

Suspensi model rigid roda-roda terpasang pada satu poros dan di pasangkan ke body melalui pegas

Keuntungan :

Ø Konstruksi sederhana dan kuat

Ø Perubahan tread atauu chamber yang di sebabkan oleh gerakan axle kecil


Kerugian :

Ø  Kwalitas mengendarai serta stabilitas kemudi kurang

Ø Kecenderungan terjadi gerakan horizontal

   

  2.SUSPENSI MODEL INDEPENDEN

1.     Pada suspensi model independen roda kiri dan kanan tidak di pasangkan pada satu poros, melainkan pada masing-masing axle, sehingga bekerja sendiri-sendiri dalam menyerap goncangan di sebut "knee action"

Keuntungan :

Ø Kwalitas mengendarai lebih baik

Ø Memiliki kemampuan singgung jalan yang lebih baik        ( road holding )

Kerugian :

Ø Konstruksi rumit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar